11 Daftar Siaran Televisi Swasta di Indonesia dan Sejarah Berdirinya

adsense 336x280 Televisi di Indonesia sudah ada sejak tahun 1960-an. Tepatnya tanggal 17 Agustus 1962, stasiun televisi pertama di Indonesia, TVRI melakukan siaran percobaan dengan menyiarkan Sambutan Presiden Republik Indonesia Ir. Soekarno untuk memperingati hari kemerdekaan RI. Dan tujuh hari kemudian TVRI mengudara secara resmi dengan menyiarkan pesta olahraga terbesar di asia, Asian games 1962.

Selama 25 tahun pertelevisian Indonesia hanya didominasi tvri milik pemerintah. Menjelang tahun 90-an barulah hadir televisi swasta sebagai sarana hiburan alternatif yang menjanjikan bagi masyarakat kita. Inilah daftar 11 siaran televisi swasta di Indonesia dan Sejarah berdirinya. Selamat membaca.

1. RCTI - Rajawali Citra Televisi Indonesia

Logo rcti
Logo RCTI

Inilah stasiun televisi swasta pertama di Indonesia. RCTI memiliki program televisi yang lebih berwarna dan menghibur. Peter Sondakh, Bambang Trihatmodjo, dan Peter Gontha adalah nama dibalik kepemilikan tv swasta ini. RCTI memperoleh hak siar pada awal Januari 1987, dan membangun komplek pada pertengahan 1988 di Kebun Jeruk, Jakarta Barat. RCTI memulai siaran percobaan pada Nopember 1988, selama seminggu warga Jakarta boleh menonton siaran secara gratis.

Setelah itu, bagi yang ingin menonton program televisi RCTI, wajib memiliki alat penangkap siaran, namanya dekoder. Harga dekoder ini pada waktu itu sekitar seratus tiga puluh ribuan atau setara dengan satu juta tujuh ratus ribu saat ini ( akhir 2018). Bagi yang sudah punya dekoder, bisa menyaksikan siaran-siaran RCTI secara gratis selama kurang lebih lima bulan.

Setelah itu, tepatnya pada maret 1989 masyarakat dikenakan iuran sebesar Rp. 15.000 - 30.000 atau setara dengan 200.000 - 398.000 saat ini (2018). Mahal juga ya. Tapi memang pada saat itu hanya orang kaya yang memiliki televisi + dekoder.

Pertanyaan yang sering muncul dari warga net adalah :
Ulang tahun RCTI tanggal berapa? Tanggal 24 Agustus
RCTI milik siapa? Tanoe Sudibyo
RCTI lahir tahun berapa? Tahun 1993


2. SCTV - Surya Citra Televisi

Logo sctv
Logo SCTV

Awal mulanya SCTV adalah singkatan dari Surabaya Central TV. Merupakan tv daerah Surabaya yang didirikan oleh Sudwikatmono, Muhammad Noer, dan Henry Pribadi. Mengudara tanggal 24 Agustus 1990, SCTV awalnya hanya merelay acara RCTI karena pada waktu itu siaran RCTI hanya tersedia untuk wilayah Jabodetabek.

SCTV baru memiliki siarannya sendiri setelah pindah ke Jakarta tahun 1993. Dan sekaligus berganti nama menjadi Surya Citra Televisi. Pada tahun tersebut, khususnya untuk wilayah Jabodetabek, Bandung dan Surabaya sudah bisa menonton siaran RCTI dan SCTV melalui antena. Sedangkan untuk wilayah lain harus menggunakan parabola.

Pertanyaan yang sering diutarakan oleh warga net :
Siapa yang punya sctv? Eddy Kusnadi Sariatmadja.

3. MNCTV - Media Nusantara Citra

Logo mnctv
Logo MNCTV

Tanggal 23 Januari 1991, anak pertama mantan presiden republik Indonesia Alm. Soeharto, Siti Hardiyanti Rukmana atau biasa dipanggil Mbak Tutut mendirikan stasiun televisi yang menggunakan frekuensi siaran televisi nasional TVRI. Pada awalnya TPI hanya mengudara antara pukul 07  - 09 malam.

Karena TPI menggunakan frekuensi TVRI, menjadikan TPI, tv swasta pertama yang bersiaran secara nasional. Membuatnya cepat berkembang dan jam tayangnya terus bertambah hingga 8 jam menjelang tahun 1992. Diawal berdirinya TPI fokus menyiarkan acara yang bernuansa pendidikan karena tv ini memang bekerja sama dengan dinas pendidikan dan kebudayaan.

Sejarah Televisi TPI ke MNCTV
Sejarah Televisi TPI ke MNCTV

Namun perlahan tapi pasti, televisi pendidikan Indonesia (TPI) di dominasi acara dangdut dan film India. Diawal tahun 2000-an TPI mengalami kasus perebutan saham antara pemilik awal Mbak Tutut dengan Hary Tanoe Sudibyo. Karena TPI sudah tidak menyiarkan acara pendidikan lagi karena kepemilikan saham 75% dikuasai oleh Media Nusantara Citra (MNC) sejak tahun 2003, maka pada tahun 2010 TPI resmi berubah nama menjadi MNCTV.

Daftar pertanyaan warga net yaitu :
Alamat MNCTV ? Jl. Kebon sirih kav 17-19 MNC plaza lantai 2, podium 2 RT 15/17, kebon sirih, Jakarta pusat.

4. ANTV - Andalas Televisi 

Logo antv
Logo ANTV

Tanggal 1 Januari 1993, Group Bakrie membangun stasiun televisi lokal Bandar Lampung, anteve. Tanggal 18 Januari 1993 tv lokal ini menepatkan hak siar nasional nya dari Mentri penerangan, Harmoko. Tanggal 28 Januari 1993 ANTEVE resmi mengudara secara nasional dari Jakarta.

Namun baru pada Maret 1993 ANTEVE mampu membuat siaran sendiri berupa acara pengukuhan Soeharto sebagai presiden untuk keenam kalinya melalu sidang umum MPR / DPR 1993. Meski pada awalnya ANTEVE menyiarkan siaran anak muda Seperi musik MTV.  Namun pada perkembangannya ANTEVE yang pada 1 Maret 2004 resmi berubah nama menjadi ANTV tidak hanya dikenal lewat siaran musiknya tetapi juga siaran berita dan olah raga.

Daftar pertanyaan warga net adalah :
Pemilik ANTV 2018 ? Anindya Bakrie
Direktur ANTV ? Erick Thohir
Pemilik ANTV sekarang 2017 ? Anindya Bakrie
Logo ANTV 2018 ? Lihat gambar diatas.

5. INDOSIAR

Logo indosiar
Logo Indosiar

Group Salim ikut meramaikan pertelevisian Indonesia dengan mendirikan stasiun televisi Indosiar di Daan Mogot, Jakarta Barat tanggal 1 Januari 1995. Indosiar sebelumnya sudah memulai siaran percobaan bulan november 1994. Memiliki peralatan penyiaran tercanggih kala itu, Indosiar menyiarkan serial drama Hongkong yang banyak diminati oleh masyarakat Indonesia.

Menjelang pertengahan tahun 2013, Indosiar di akuisisi oleh Surya Citra Televisi (SCTV). Hal itu membuat program televisi Indosiar sedikit mengalami perubahan.

Daftar pertanyaan dari warga net antara lain :
Direktur Indosiar ? Drs. Imam Sudjarwo, MP - Alvin widarta sariaatmadja - Rusmiyati djajaseputra
Logo Indosiar 2018 ? Ada diatas
Pemilik Indosiar 2018 ? Eddy Kusnadi Sariatmadja
Pemilik Indosiar 2017 ? Eddy Kusnadi Sariatmadja
Indosiar dan SCTV punya siapa ? Eddy Kusnadi Sariatmadja


6. Metrotv

Logo metro tv
Logo Metrotv

Tanggal 25 Oktober 1999, Media Group yang dipimpin oleh Surya Paloh membangun stasiun televisi bernama Metrotv dibawah bendera PT. Media Televisi Indonesia. Dan baru pada tanggal 25 Nopember tahun 2000 Metrotv memulai siaran percobaan di tujuh kota. Diawal berdirinya Metrotv hanya mengudara selama 12 jam. Namun awal April 2001 Metrotv mulai siaran 24 jam nonstop. Saat ini karyawannya sudah mencapai ribuan orang. Program-programnya tidak jauh dari berita, baik nasional maupun internasional.

Daftar pertanyaan dari warga net adalah:
Pemilik saham metro tv ? James riady
Alamat metro tv ? Jl. Pilar Mas Raya Kav A-D Kedoya Selatan, Kebun Jeruk, Jakarta Barat.
Pemilik Media Group ? Surya Paloh
Logo metro TV ? Ada diatas

7. Trans 7

Logo trans 7
Logo Trans 7

Pada mulanya bernama DVN TV, milik seorang pengusaha tambak udang asal Surabaya, Sukoyo. Kemudian Kompas Gramedia membeli tv tersebut dengan menguasai 80% sahamnya. Lalu merubah namanya menjadi TV7. TV7 memulai siaran resmi tanggal 25 11 2001. Sebagai pemilik majalah anak-anak, majalah bobo, TV7 milik kompas Gramedia awalnya menyiarkan program anak-anak.

Namun setelah 51 persen sahamnya dimiliki oleh Trans Corp, nama TV7 berubah menjadi Trans7. Dan acaranya pun mengalami perubahan yang cukup signifikan.

Pertanyaan yang sering ditanyakan oleh warga net adalah :
Trans tv milik siapa? Choirul Tanjung
Siapa pemilik net tv Indonesia? Wishnutama Kusubandio
Siapa yang punya tv One? Aburizal Bakrie
Siapa itu Atiek Nur wahyuni? Direktur utama Transtv

8. TransTV

Logo trans tv
Logo TransTV

Tahun 1994 anak perusahaan Bank Exim, Exim leasing menawarkan kepada Choirul Tanjung, si anak singkong, sebuah bangunan lengkap dengan peralatan studio foto dan film. Lokasinya di Kemang, tapi gedung itu masih berstatus kredit. Jadi istilahnya, over kredit.

Chairul Tanjung bersama temannya Ishadi berencana membangun station televisi baru di gedung tersebut. Bermodal 50 M ditangan, plus pinjaman 100 M dari bank. Akhirnya tv trans tv hadir ditengah masyarakat. Tepatnya tahun 2001 transtv resmj mengudara. Pada awal berdirinya, trans tv memiliki 250 karyawan. Namun setelah beroperasi, ternyata trans tv masih butuho banyak sekali suntikan dana, yakni sebesar 250 M. Hutang bank tersebut harus dicicil sebesar 30 M per bulan.

Pertanyaan yang sering ditanyakan oleh warga net adalah :
Sejarah trans 7 ? Lihat poin 7
Pemilik trans 7 ? Choirul Tanjung
Alamat Trans tv ? Jl. Kapten Tendean kav 12 - 14 A, Mampang Prapatan, Jakarta.
HUT trans tv 2017 ? 15 Desember 2017
Nomor telepon transtv ? 021 79177000

9. TVONE

Logo tvone
Logo tvOne

Stasiun televisi swasta nasional ini berdiri pada tahun 2002, dulu namanya Lativi. Kenapa namanya Lativi ? Karena tv ini dulunya milik seseorang bernama Abdul Latief. Meski nama pemiliknya islami tapi acara tv ini banyak didominasi film syur, kejahatan, paranormal.

Lalu pada tahun 2008 tv ini di akuisisi oleh Group Bakrie dan merubah namanya menjadi TVONE. tvOne adalah stasiun televisi pertama yang diresmikan oleh presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Istana negara Republik Indonesia. Peresmian itu terjadi pada tanggal 14 Februari 2008. Artinya tvOne kini sudah berusia lebih dari sepuluh tahun.

Pertanyaan yang sering diajukan oleh warga net adalah :
Pemilik tv one 2018 ? Aburizal Bakrie
Pemilik tv one sekarang 2017 ? Aburizal Bakrie
Pemilik ANTV dan tvone sekarang ? Anindya Bakrie dan Aburizal Bakrie
Alamat tv one ? Jl. Rawa Teratai 2 kawasan industri Pulo gadung, DKI Jakarta.

10. GTV - GLOBAL Televisi

Logo gtv
Logo gtv 

Pada awal berdirinya, yakni tanggal 25 Oktober 1999, tv lokal Jakarta ini adalah milik Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia. Oleh karenanya, pada awalnya tv lokal ini didominasi oleh program islami dan pengembangan diri.

Sejak pertengahan tahun 2012 saham mayoritas tv lokal ini dikuasai MNC dan merubah namanya menjadi Global TV. Selang beberapa bulan kemudian, Global TV resmi mengudara secara nasional. Programnya yang paling dominan adalah acara musik MTV. Global tv juga pernah didominasi oleh acara anak-anak. Singkat cerita, sekarang berubah menjadi GTV.

Pertanyaan yang sering ditanyakan oleh warga net adalah:
Alamat global tv ? Global tv building, MNC studio. Jl. Lapangan bola, Jakarta barat.
Email Global TV ? globaltv@globaltv.coid - program@globaltv.co.id - webmaster@globaltv.co.id
Alamat kantor GTV ? Global tv building, MNC studio. Jl. Lapangan bola, Jakarta barat.

11. NET TV - News and Entertainment Television

Logo net tv
Logo net tv 2018

Awalnya bernama spacetoon, sebuah tv anak-anak. Pada tahun 2013 spacetoon diambil alih Wishnutama mantan direktur utama Transtv dan merubah namanya menjadi NET TV dibawah bendera PT. NET Mediatama Indonesia. Net tv mengawali siaran percobaan dari tanggal 18 Mei 2013 sampai 25 Mei 2013.

Acara net tv banyak disukai oleh kalangan milenial karena programnya yang kekinian. Sebut saja "Tetangga masa gitu" " ini talk show" "pagi-pagi" "The East" "Break out" "the comment" dan masih banyak lagi. Bukan hanya acara nya, cara promosinya pun kekinian bangat, karena acara net tv bisa juga ditonton di YouTube dan jejaring sosial.

Pertanyaan yang sering ditanyakan oleh warga net adalah :
Net tv milik siapa? Wishnutama Kusubandio
Siapa pemilik stasiun tv net? Wishnutama Kusubandio
Siapa pemimpin net tv? Wishnutama Kusubandio
Kapan net tv berdiri? pertengahan tahun 2013
Gista Putri itu siapa? Istri Wishnutama Kusubandio




adsense 336x280

0 Response to "11 Daftar Siaran Televisi Swasta di Indonesia dan Sejarah Berdirinya"

Posting Komentar