Belajar Cara Membuat Blog Berdasarkan Pengalaman Penulis

adsense 336x280 Umur blog ini per hari ini Kamis 11 Oktober 2018 sudah berusia kurang lebih satu bulan sebelas hari. Dengan asumsi blog 11terbaik ini dibuat tepat pada tanggal 1 September 2018. Artinya saya sudah ngeblog selama itu, dan harapan saya blog ini tidak bernasib seperti blog yang pernah saya buat.

Iya, saya sudah beberapa kali membuat blog tapi semua selalu berakhir ditengah jalan. Masih ada sih satu tersisa dan masih bisa di akses sampai sekarang, tapi saya lupa password email dan emailnya. Walaupun saya sudah pernah bikin blog tapi, ketika membuat blog ini saya merasa pengetahuan saya tentang dunia blog hampir tidak ada, dan kayaknya perasaan itu tidak salah, fakta adanya. Apalagi dunia internet itu berkembang sangat cepat, jadi apa yang kita pelajari dulu sudah tidak berlaku lagi kini.

Nah, selama sebulan sebelas hari menulis di blog ada saja yang harus dipelajari. Pelajaran apa saja yang bisa kita bahas di artikel kali ini, yuk sama-sama kita simak.

Pertama Belajar Membuat Blog

Pengalaman membuat blog dimasa lalu ternyata tidak sepenuhnya sia-sia. Karena ketika membuat blog ini saya tidak harus cari panduan di google. Bermodal alamat email, dengan percaya diri yang tinggi saya langsung ketik alamat situs blogger.com, klik menu buat blog, ketik judul blog dan, justru saat disuruh ketik alamat blog ini yang bikin lama. Alasannya alamat blog yang kita inginkan tidak tersedia.

Tapi akhirnya kutemukan yang mendekati walau tidak persis sesuai keinginan. Nama 11terbaik penulis ambil karena, rencananya blog ini akan aku ini dengan artikel yang mengulas apa saja yang terbaik, kota terbaik misalnya.
Back to Content

Kedua Belajar Konsisten Menulis Blog 

Ini adalah penyakit blogger kebanyakan, menggebu-gebu diawal, terus bosan, lalu berhenti kemudian. Belajar dari pengalaman, saya belajar bagaimana agar tetap konsisten menulis. Salah satunya membuat program one day one article. Sejauh ini program tersebut nyaris berhasil, salah satu penyebabnya saya berusaha meyakinkan diri sendiri, menemukan ide menulis itu tidak lah susah, ada banyak referensi dan ada banyak sumber. Di internet segalanya ada, kecuali jodoh kata mereka.

Ya, walaupun sering kali tulisan yang dibuat sudah tidak sesuai dengan rencana awal. Penyebab nya, menulis artikel dengan topik terbaik ternyata butuh waktu lama. Kadang saya terpaksa berhenti dan mencari ide tulisan lain yang sekiranya bisa selesai dalam sehari.
Back to Content

Ketiga Belajar Mengganti Template 

Blog Ini salah satu kelemahan blogger dibanding wordpress yang saya rasa cukup besar pengaruhnya pada kemudahan pengguna, terutama blogger yang masih pemula. Menu unggah file xml di blogger itu ternyata bermasalah. Jadi kita harus menyalin seluruh kode template blogspot yang baru lalu menimpa kode theme Blogger lama di halaman kode blogger. Jadi cara nya, file xml template baru dibuka dulu lalu salin seluruh kode html nya. Kemudian masuk ke blogger.com, pilih menu Tema, lalu klik menu Edit Html. Timpa kode html yang ada disana dengan kode yang tadi disalin, lalu pilih Simpan Tema. Mohon dicatat, saya menggunakan perangkat hp android.
Back to Content

Keempat Belajar Mendaftarkan Blog di Mesin Pencari.


Ini merupakan hal yang wajib, kalau tidak blog kita akan selamanya sepi pengunjung. Tapi ada yang berubah dari mesin pencari Google. Dulukan namanya google webmaster tools, sekarang menjadi google console. Enaknya pakai Platform blog gratis dari blogger, lebih mudah mendaftar kan blog dibanding wordpress. Modalnya cuman alamat Gmail, langsung saja masuk ke sini : google console cukup dengan dua Langkah, tambahkan blog dan masukkan alamat blog kamu, selesai!
Back to Content

Kelima Belajar Membuat Label


Beberapa postingan pertama di blog ini tidak menggunakan label awalnya. Saya sebenarnya tahu gunanya label itu, yang saya tidak tahu cara membuat label Blogger nya, karena biasanya saya pakai komputer, Sekarang saya pakai handphone android. Eh ternyata menu label ada disebelah kanan, bergambar seperti ikon tag harga. Ketika menu label itu di sentuh, beberapa pengaturan lain juga akan ditampilkan seperti, jadwal, tautan, lokasi dan pilihan. Supaya fungsi label ini lebih maksimal, kita sebaiknya menggunakan fungsi tag, atau kita ganti template blog kita dengan template yang sudah ada fitur seo nya. Jadi dalam template tersebut sudah ditambahkan fungsi tag.
Back to Content

Keenam Belajar SEO search engine Optimation 

Setiap blogger pasti kenal SEO, kenapa ? Karena tujuan kita membuat blog kan agar dikunjungi warga net, motifasi kita menulis memang supaya dibaca orang lain. Supaya blog kita ramai pengunjung, kita mesti belajar SEO. Yang saya pelajari teman-teman, SEO itu terbagi kedalam dua bagian utama. Satu SEO on page, yaitu SEO dengan cara mengoptimalkan blog itu sendiri seperti, penggunaan label, caption gambar, penggunaan heading, huruf tebal, dll. Yang kedua, SEO off page, yaitu SEO yang dilakukan diluar blog kita seperti, blog walking sambil meninggalkan jejak, promosi ke sosial media, bergabung dengan komunitas, dll.
Back to Content

Ketujuh Belajar Membuat Deskripsi Dinamis untuk Setiap Postingan


Ini termasuk seo on page teman-teman, dan ini sangat penting. Gunanya untuk menghindari pinalti dari google karena menganggap semua posting kita memiliki deskripsi yang sama.

Caranya : masuk ke blogger.com, lalu pilih menu Setelan, kemudian klik Preferensi Penelusuran. Pilih YA pada opsi Aktifkan deskripsi penelusuran. Lalu ketikkan deskripsi untuk halaman home page, jika sudah klik Simpan Perubahan.

Setiap kali kita membuat postingan baru, menu Deskripsi Penelusuran ini akan aktif, berada disebelah kanan sejajar dengan menu label. Deskripsi penelusuran ini sangat penting untuk diisi teman-teman. Agar tulisan kita mudah terindeks oleh Google.
Back to Content

Delapan, Belajar Membuat Table of Content


Ini juga masuk ke ranah SEO on page, cukup penting juga dan apabila kamu berhasil, tampilan blog kamu akan terlihat lebih profesional. Table of content dalam postingan blog, seperti daftar isi dalam sebuah buku. Gunanya untuk memudahkan pembaca melihat poin-poin penting dalam postingan kita terutama jika tulisan kita cukup panjang, sehingga pembaca terpaksa melakukan scrolling. Jika kamu mau belajar bagaimana caranya, kamu bisa baca artikel ini : Cara Membuat Table of Contents di Postingan Blogger. Saya juga belajar dari sana.
Back to Content

Sembilan, Belajar Merubah Nama File Gambar di HP Android


Saya memang pengguna baru hp android, jadi untuk urusan seremeh me rename nama file image pun saya harus belajar. Kalau di komputer kerjaan sesepele ini bisa saya lakukan sambil tutup mata. Di smartphone android 6.0 sebenarnya juga mudah, hanya saya nya yang belum tahu. Tapi sekarang saya sudah tahu. Caranya, tekan dan tahan gambar yang dipilih sampai muncul tanda ceklis, lalu pilih Lainnya dibagian bawah. Kemudian pilih Ganti Nama, dan sekarang tinggal ketik nama gambar yang diinginkan.

Cara seleksi gambar hp android
Seleksi gambar
Cara merubah file gambar hp android
Pilih Ganti Nama
Back to Content

Sepuluh, Belajar Membuat Menu Navigasi di Blogger


Menu navigasi berguna untuk memudahkan pembaca menemukan tulisan kita sesuai dengan label yang kita buat. Membuat menu navigasi ini mungkin akan lebih mudah dan menarik jika kita menggunakan theme Blogger terbaik dari pihak ketiga. Blog 11terbaik sendiri menggunakan template miliki Gian Mr nama theme blogspot nya SimpleSanget. Untuk membuat menu navigasi sudah ada caranya di sini : Cara konfigurasi template SimpleSanget
Back to Content

Sebelas, Belajar Dari Blogger yang Sudah Sukses


Bosan mantengin blog sendiri, kadang memang kita butuh refreshing, blog walking, lihat-lihat blog tetangga khusus nya Blogger yang Sudah Sukses. Selain semangat untuk tetap konsisten menjadi Blogger, kita juga akan dapat inspirasi seperti, gaya bahasa penulisan, tampilan blog, monetisasi, dll. Jangan lupa meninggalkan jejak di blog yang sudah sukses, karena backlink dari sana cukup berpengaruh bagi kemajuan blog kita. Karena itu adalah bagian dari seo off page.

Nah itulah 11 hal yang saya pelajari setelah menjadi blogger selama satu bulan sebelas hari. Semoga bermanfaat bagi teman-teman, khususnya buat kamu yang ingin menjadi seorang blogger.

OOT
Dunia blogging dan dunia tulis menulis adalah dua bagian yang tidak dapat dipisahkan. Seorang blogger biasanya lahir dari seorang penulis yang paling tidak orang yang hobi menulis. Mungkin saya juga termasuk orang yang hobi menulis, karena dulu saya memang hobi membaca dan menulis puisi dan cerita.

Setelah membaca jangan lupa komentar ya teman-teman setiap alamat blog yang masuk ke dalam kolom komentar akan saya simpan di halaman khusus. Terima kasih bye..
Back to Content
adsense 336x280

0 Response to "Belajar Cara Membuat Blog Berdasarkan Pengalaman Penulis"

Posting Komentar