11 Cara Merawat Gadget Agar Tetap Awet dan Tahan Lama

adsense 336x280 Hai what's up Bray

Kali saya mau membahas masalah gadget, gejet kalau kata orang sini. Kalau kata orang sana, genjot. Seperti yang sudah sama-sama kita tahu anak-anak jaman now ya kita-kita ini, sudah tidak bisa lagi lepas dari yang namanya gadget, terutama hp sama laptop.

Nah supaya gadget kita tidak mudah rusak ada tipsnya nih teman-teman. Mau tahu ? Harga tahu sekarang mahal loh. Tapi tenang disini gratis koq. Langsung saja inilah 11 cara merawat Gadget Agar Tetap Awet.

1. Gunakan Selalu Charger Original atau Yang Asli.

Kalau gadget kamu beli dari baru simpan baik-baik charger bawaannya ya teman-teman, awas jangan sampai hilang. Nanti kalo hilang beli lagi kan mahal. Iya kalau kebeli, kalau lagi miskin?

Terpaksa deh beli charger china, tapi itu sangat beresiko teman. Dan tentunya akan membuat gadget kamu mudah rusak, suka mati sendiri misalnya.

2. Matikan Gadget Saat Terjadi Hujan Deras disertai petir

Saat terjadi Hujan, dan petir menyambar segera matikan gadget kamu. Jangan lupa, putuskan juga sambungan internetnya. Satu lagi, jangan lupa mencabut sambungan listrik jika memang lagi di chas.

Biar gak bete, kamu bisa melakukan kegiatan yang bermanfaat seperti, olah raga ringan, membaca buku, bersihin rumah, ruang tidur, kamar mandi, dll.

3. Gunakan Gadget diruang Tertutup

Ketajaman layar gadget bisa menurun jika terlalu sering terkena sinar matahari loh teman-teman. Jadi selalu gunakan gadget diruang tertutup supaya tidak terkena sinar matahari langsung.

Jika teman-teman berprofesi sebagai pekerja lapangan sebaiknya beli gadget khusus outdoor aja biar lebih bandel .

4. Gunakan 1 atau 2 Sidik Jari Saja

Jangan terlalu banyak mendaftarkan sidik jari di hp kamu walaupun sebenarnya bisa. Gunakan Maksimal dua saja untuk menjaga sensor finger print nya tetap sensitif

5. Sebelum Isi Ulang Baterai Lepas Casing Terlebih dahulu

Saat melakukan pengisian ulang baterai, gadget kamu akan menjadi panas, tidak percaya? Pegang aja. Nah supaya gadget kamu tidak terlalu panas atau kalau orang Sunda bilang nya over heat. Lepas dulu casing, silikon, dan sebagainya baru dicolokin ke hidung eh kelistrik.

6. Isi Baterai Sebelum Habis

Kalau dalam dunia kesehatan ada pepatah begini "makanlah sebelum lapar" nah dalam dunia gadget juga ada pepatah nya "isilah baterai sebelum habis" apalagi sampai 0 persen sehingga gadget kamu melakukan shut down otomatis.

Itu akan membuat baterai gadget kamu tidak panjang umur alias gampang Soak. Maksimal 20-10 persen sudah harus diisi ulang.

7. Isi Baterai Jangan Sampai 100%

Pepatah dunia kesehatan tadi masih ada sambungannya tuh, begini "makanlah sebelum lapar dan berhenti lah sebelum kenyang". Dalam dunia gadget juga masih ada relevansinya. "isilah baterai sebelum habis dan cabutlah sebelum full".

Memang hp kekinian rata-rata sudah memiliki teknologi yang berfungsi untuk menghentikan aliran listrik saat persentase baterai sudah 100 persen. Nah teknologi tersebut lama kelamaan akan menjadi malfungsi jika gadget kamu terlalu sering dicolokin sementara baterainya sudah penuh. Satu lagi, jangan biasakan ngecas menjelang tidur, karena kalau ketiduran pasti gadget lupa dicabut.

8. Gunakan Meja Khusus

Bermain laptop sambil duduk malas diatas kasur dan menjadikan bantal sebagai tatakan gadget kamu adalah perbuatan yang salah teman-teman. Itu akan membuat laptop kamu mengalami panas berlebih bukan demam tapi overheat.

Jadi gunakan lah meja khusus laptop agar sirkulasi panasnya baik supaya laptop kamu menjadi awet.

9. Gunakan Dompet Khusus

Menyimpan gadget di dalam saku celana memang bukan ide yang baik. Tapi mencampur nya dengan benda lain di dalam tas juga bukan solusi yang benar. Jadi gunakanlah dompet khusus gadget supaya gadget kamu tetap mulus seperti baru.

10. Saatnya Bersih-bersih

Jika kamu sayang dengan laptop kamu dan saya yakin kamu pasti sayang kan, buktinya kamu lebih nempel sama laptop kamu daripada pacar kamu hehe. Kalau sayang harus dirawat dong ya. Paling tidak dibersihin setiap seminggu sekali atau maksimal sebulan sekali lah.

Dan bagian dalam nya juga penting, tapi gak usah terlalu sering setahun sekali cukup. Karena jika sudah lama akan banyak debu yang menempel didalam yang membuat performa gadget kamu menurun.

11. Biarkan Baterai Laptop 0 Persen

Laptop memang sudah menjadi kebutuhan wajib terutama bagi mahasiswa jaman sekarang ( bosan nulis now). Dan bagian yang paling sering bermasalah dari laptop ya baterainya.

Kenapa ? Karena terlalu sering dicolokin sambil digunakan. Salah satu solusinya, dalam rentang waktu tertentu misalnya sekali dalam dua atau tiga bulan, biarkan Baterai Laptop menjadi 0 persen supaya baterai bar nya tetap akurat.

Itulah 11 cara yang bisa kamu lakukan agar gadget mu tetap awet dan nyaman digunakan. Semoga bermanfaat ya teman-teman.

OOT
Dulu saya juga pernah punya laptop merek Asus, saya beli 2.6 juta, second. Terus laptop nya saya jual buat beli motor Revo, second. Sekarang motornya sudah hilang dicuri maling, sialan. Alhamdulillah walaupun cuma punya HP somay yang masih posting blog.

Setelah membaca jangan lupa komentar ya teman-teman setiap alamat blog yang masuk dalam kolom komentar akan saya simpan di halaman khusus. Terima kasih, bye..

adsense 336x280

0 Response to "11 Cara Merawat Gadget Agar Tetap Awet dan Tahan Lama"

Posting Komentar