11 Cara Menulis Artikel Blog Terbaik Agar disukai Pembaca

adsense 336x280 Kata orang menulis itu butuh bakat, ada benarnya juga buktinya, tidak semua tulisan itu enak dibaca. Tapi tidak sepenuhnya benar menurut saya buktinya sosial media selalu ramai dengan status terbaru. Yang menulis artikel di blog juga tidak kalah banyak, saya salah satunya.
123rf.com

Jadi kesimpulan saya menulis itu membutuhkan bakat hanya jika kamu ingin menulis karya-karya hebat seperti novel atau buku best seller. Atau paling tidak kamu harus bekerja keras, berlatih, memilih pendidikan yang tepat dan membaca sebanyak mungkin buku. Tapi kalau hanya sekedar menulis artikel blog, kamu hanya butuh kemauan teman-teman bukan talent atau bakat. Buktinya kamu bisa tuh nulis makalah tugas sekolah, update status, spam sana-sini dsb. Tapi memang kita butuh beberapa cara agar tulisan kita disukai pembaca dan supaya tidak mudah bosan dengan apa yang kita tulis. Untuk itulah tulisan ini saya buat, bukan berarti saya jago nulis loh ya bukan, hanya sekedar sharing aja. Oke kalau begitu langsung aja yuk kita simak sama-sama inilah 11 cara menulis artikel di blog terbaik agar disukai pembaca. Selamat membaca ya.

1. Sesuaikan minat

Tulis lah apa yang benar-benar ingin kamu tulis. Ini sangat penting teman-teman karena kekuatan minat kamu akan mempengaruhi gaya tulisan kamu, dan yang terpenting kekuatan tulisan itu sendiri. Kamu harus membuat tulisan kamu layak ditulis atau dibahas supaya pembaca tertarik dan mau mendalaminya.

Jika kamu menulis apa yang benar-benar ingin ditulis itu artinya kamu membahas sesuatu yang sangat kamu pahami. Kamu tidak butuh terlalu banyak referensi sehingga kemungkinan mengalami kelelahan atau malah kebuntuan di tengah jalan bisa di minimalisir. Keuntungan lainnya kamu akan menemukan orang yang satu minat dengan kamu, satu pandangan. Pokoknya kamu akan menemukan teman yang cocok dengan kamu, selama kamu memang menulis dengan jujur.

2. Writing like talking

Menulis seperti berbicara, Yap betul teman-teman. Jangan terlalu baku, santai aja gaya menulisnya. Anggap aja seperti sedang ngobrol didepan teman sendiri. Jangan terlalu alay juga, nanti pembaca malah salah paham. Dikiranya kamu alay beneran haha, ups becanda.

Sebenarnya tujuan utamanya supaya kamu lancar menulis seperti layaknya kamu lancar bicara. Jangan terlalu banyak memikirkan tekniknya, itu akan membuat kamu sering berhenti ditengah jalan dan akhirnya kamu capek. Dan yang paling krusial nih, kamu malah jadi lupa, kamu mau nulis apa ? Jadi saran saya abaikan dulu tekniknya, nanti jika tulisannya selesai kamu boleh edit beberapa kata yang memang kurang enak dibaca.

3. You are an Editor

Kamu adalah seorang editor, yah kurang lebih seperti itu teman-teman. Saya tidak menuntut kamu menjadi editor profesional tidak tapi, setidaknya kamu paham kalau seorang editor itu tugasnya memperbaiki dan membuat tulisan menjadi lebih baik.

Jadi bukan sekedar mengedit tulisan yang, typo ya. Tapi juga memilih diksi yang lebih tepat dan cara penyampaian yang lebih baik. Sebenarnya ini penekanan poin nomor dua. Bacalah tulisan kamu berulang-ulang dan cobalah untuk memberikan penilaian, coba asah kepekaan kamu. Apakah tulisan kamu sudah enak dibaca atau belum.

4. Beri Ilustrasi

Berikanlah kekuatan pada tulisan kamu dengan menyematkan gambar ilustrasi. Gambar ilustrasi yang tepat akan memudahkan pembaca lebih memahami arti tulisan kamu secara keseluruhan. Walaupun gambar pada tulisan hanyalah aksesoris tapi dia aksesoris utama dan besar perannya untuk menggugah minat pembaca.

Gambar ilustrasi juga akan membuat tulisan kamu menjadi lebih mudah dipercaya. Terkadang justru kamu tidak perlu terlalu banyak membuat tulisan, kamu hanya perlu menyisipkan gambar dan pembaca akan menyukainya. Saya tidak menuntut kamu untuk bisa menggambar tidak, tapi alangkah baiknya dan suatu kebetulan yang langka menurut saya. Seseorang yang punya keahlian menggambar punya minat di dunia tulis menulis ? Wow. Kalau gak bisa menggambar gak apa-apa juga, kamu bisa mencari gambar digital gratis di internet.

5. Amputasi

Ngeri ya denger nya. Saya terpaksa meminjam istilah kedokteran ini untuk menarik perhatian pembaca. Minat baca orang Indonesia kan sangat minim, jadi kamu harus berusaha supaya tulisanmu tidak bosanin, tidak jenuhin. Salah satunya ya amputasi. Potong kata-kata yang tidak perlu, buat tulisan kamu seringkali mungkin tanpa harus menghilangkan pesan yang ingin disampaikan.

6. Hargai Pembaca

Masyarakat kita itu senang jika mereka merasa dihargai setuju kan ? Nah berilah penghargaan kepada pembaca insyaallah pembaca juga akan menghargai tulisanmu. Sederhana saja seperti, mengucapkan salam, menanyakan kabar, ucapan terimakasih dll. Ya kalau bisa sesekali melempar pujian itu lebih bagus.

7. Ajak Pembaca

Dalam acara televisi kita sering menyaksikan MC sebuah program tv mengajak pemirsa naik keatas panggung. Coba perhatikan wajah pemirsa yang diajak, dia senang kan ? Jadi salting malah kadang. Nah begitu juga dengan pembaca blog kamu. Ajak mereka, buat mereka terlibat. Tidak perlu jauh-jauh sampai harus ngajak pacaran gak perlu. Cukup lemparkan satu dua pertanyaan yang masih berhubungan dengan tulisan yang kamu bahas.

8. Jangan Cerewet

Jika kamu seorang perempuan dan punya gaya menulis yang, agak cerewet. Bisa dimaklumi sih tapi, mohon dipertimbangkan sekali lagi sebab minat baca masyarakat kita tuh memang payah. Takutnya mereka hanya muat satu dua paragraf lalu tekan tombol back. Ini sebenarnya bentrok gak sih dengan poin 2 ? Gak koq, kamu bisa perbaiki dengan poin 3 nanti.

9. Variasikan Format Tulisan

Tulisan kamu akan lebih enak dilihat jika kamu mempraktekkan poin ini. Selain terlihat lebih rapih, nilai tulisan kamu juga akan naik dimata pembaca. Variasi tulisan bisa berupa Heading, sub heading, quote, dll.

10. Bukan Politikus

Jangan berbicara / menulis seperti politikus. Maksud saya jangan menggunakan terlalu banyak istilah yang tidak umum. Kecuali tulisan kamu memang dikhususkan untuk kalangan tertentu. Atau kalau terpaksa, kamu bisa mengatasinya dengan catatan kaki.

11.  Writing like Drawing

Yap tepat sekali teman, menulis itu ibarat melukis. Ada tiga pilar utama membuat sebuah lukisan, tema, garis/sketsa, warna. Demikian juga dalam tulisan ada tiga pokok utama, tema, isi, penyampaian. Menurut ku sih gitu teman-teman, tolong di koreksi aja kalau salah ya. Jadi, jika ingin tulisan kamu enak dibaca perhatikan ke-tiga pokok ini oke.

Nah itulah 11 cara menulis artikel blog terbaik agar enak dibaca dan tentu nya disukai pembaca. Semoga bermanfaat ya teman-teman.

OOT
Sejujurnya kemampuan menulis sayapun masih jauh dari kata "enak dibaca". Membaca tulisan sendiri bagi saya tak ubahnya melihat wajah sendiri dikaca. Jadi sayapun masih perlu banyak belajar.

Setelah membaca jangan lupa komentar ya teman-teman setiap alamat blog yang masuk ke dalam kolom komentar akan saya simpan di halaman khusus. Terima kasih bye.... adsense 336x280

0 Response to "11 Cara Menulis Artikel Blog Terbaik Agar disukai Pembaca"

Posting Komentar