11 Wadah Tempat Menulis Artikel Blog Terbaik di Internet Beserta Kelebihan dan Kekurangannya Versi Blogger

adsense 336x280 Biasanya orang yang suka menulis itu juga suka membaca, mungkin saya bisa digolongkan pada orang yang suka membaca dan suka menulis. Jika ditanya lebih suka membaca daripada menulis ? Saya akan jawab, membaca tulisan yang enak dibaca. Membaca tulisan yang enak dibaca itu seperti dunia baru bagi pembaca menurut saya. Seperi gamer pada gamenya. Seperti penghobi burung pada burung nya.

Resource: fiverr.com


Tapi sebagian besar yang benar-benar hobi membaca bisa dipastikan hobi menulis. Mungkin karena membaca dan menulis itu masih berada di dunia yang sama, alam yang sama, alam imaginasi. Sebagaimana pembaca membutuhkan tulisan untuk dibaca, tulisan pun membutuhkan pembaca. Jadi kamu yang mulai tertarik pada dunia tulis menulis, kamu harus menentukan wadah yang tepat untuk tulisan kamu agar tulisan itu menemukan atau ditemukan pembacanya. Nah yuk sama-sama kita simak inilah 11 wadah tempat menulis artikel terbaik di internet beserta kelebihan dan kekurangannya versi blogger. Selamat membaca.

1.  CMS Wordpress

Menurut saya, wordpress masih menjadi yang terbaik terutama bagi kamu penulis pemula namun memiliki tekad untuk tetap menulis secara konsisten. Pada awalnya, bagi kamu yang masih baru di dunia blogging, menu pada wordpress sedikit lebih kompleks dibandingkan blogger. Namun pada akhirnya menu yang kompleks itu akan membantu kamu, baik dari sisi optimasi Google search engine, upgrade layanan, dll. Selain itu wordpress memiliki plugin pihak ketiga yang jumlah masih yang terbanyak dibanding kompetitornya.

Intinya wordpress memiliki keunggulan jangka panjang yang layak dipilih oleh kamu yang serius menulis. Kekurangan wordpress adalah kamu tidak bisa mendapatkan pembaca dengan mudah. Butuh kesabaran, dan kamu juga harus belajar bagaimana caranya agar tulisan kamu terindeks di mesin pencari Google. Karena sembilan puluh lima sekian persen pembaca kamu akan datang dari sana. Sisanya lewat usaha kamu mempromosikan tulisan kamu lewat teman misalnya, via sosial media, dll.

2. Blogger dari Google

Tulisan yang kamu baca ini saya tulis di blogger. Tidak terlalu berbeda dari wordpress. Baik blogger maupun wordpress memiliki tampilan yang sama-sama simple bahkan lebih simple blogger. Pada awalnya kemudahan tampilan ini menjadi keunggulan blogger. Kemudahan nya yang lain adalah cukup dengan satu akun Gmail kamu bisa akses semua situs milik google termasuk blogger. Begitu juga dengan Google adsense, google+, dan google console, dulunya web master tool. Semua terintegrasi, benar-benar sangat cocok untuk blogger pemula.

Kekurangannya adalah blogger tidak memiliki upgrade layanan seperti self host, blogger hanya memiliki layanan self domain. Artinya blogger tidak bisa dikembangkan menjadi website canggih, dia akan tetap menjadi blog yang sederhana tanpa banyak plugin untuk optimalisasi. Blogger juga tidak memiliki plugin pihak ketiga jadi yang bisa kita andalkan hanyalah apa yang di sediakan oleh blogger saja. Sama seperti wordpress, blogger juga tidak mudah mendapatkan pembaca, butuh kesabaran.

3. Kaskus

Kaskus adalah forum terbesar di Indonesia hingga saat ini. Dan masih berada dijajaran 100 besar versi Alexa. Kelebihan utama jika kamu menulis di forum ini, dijamin ada yang baca. Dan menurut pengalaman saya, setiap menulis atau membuat thread baru pasti ada yang komentar yah walaupun kadang komentar nya jauh dari kata nyambung. Jadi jika kamu ingin cepat tulisanmu menemukan pembacanya Kaskus adalah salah satu pilihan terbaik.

Kekurangannya kamu harus membaca peraturan forum sebelum membuat tulisan, kamu harus beradaptasi dengan bahasa forum khas kaskuser yang sebagian besar dihuni anak remaja - anak muda. Forum ini memang lebih cocok untuk kamu yang masih atau berjiwa muda.

4. Kompasiana

Jika kamu merasa gaya tulisanmu kurang cocok dengan Kaskus, kamu bisa coba Kompasiana. Merupakan layanan blogging dari kompas dot com. Kelebihannya, kamu mungkin akan jarang menemukan komentar asal, tidak nyambung, mencemooh, dan sebagainya. Karena Kompasiana kebanyakan penggunanya adalah orang-orang kantoran, elite, pokoknya gitu deh.

Kekurangan nya mungkin kamu tidak akan mudah mendapatkan komentar layaknya kaskus, terutama bila kualitas tulisanmu jauh dibawah standar.

5. Tumblr

Tumblr mungkin mirip seperti wordpress dan blogger dalam versi yang lebih sederhana. Kemudahan nya mendekati jejaring sosial. Dan memang keunggulan Tumblr terletak pada kemudahan itu. Sedangkan kekurangannya kita tidak bisa berbuat banyak untuk melakukan optimasi SEO.

6. Medium

Jika kamu suka menulis dalam bahasa Inggris, medium mungkin cocok jadi pilihan. Kelebihan Medium, bila kamu terbiasa dengan Twitter, kamu pasti akan menyukai Medium, karena situs ini dikembangkan oleh Twitter. Kekurangannya, agak lambat dari sisi aksesibilitas.

7. Openulis

Openulis merupakan situs yang memiliki visi menjadi ruang informasi dan edukasi bagi pengguna internet Indonesia. Openulis membuka diri bagi pemilik usaha atau lembaga pendidikan untuk mengirimkan tulisan berupa promosi usaha maupun sekolah. Bagi kamu yang hobi menulis bisa juga koq, tinggal daftar aja. Kelebihan situs ini mungkin tidak akan terlalu selektif memilih tulisan untuk dimuat. Sedangkan kekurangannya, situs masih tergolong baru jadi belum begitu terkenal.

8. Basabasi

Tahu gak teman-teman, Menulis di basabasi dot co dibayar loh. Bayaran nya pun tidak boleh dianggap remeh. Untuk setiap tulisan yang dimuat akan mendapatkan fee antara dua ratus hingga tiga ratus ribu rupiah, tergantung jenis tulisan. Artikel ringan misalnya, dihargai Rp. 200.000,- sedangkan cerpen di hargai Rp. 300.000. kelebihan dari basabasi adalah bahwa tulisan kita benar-benar dihargai. Kekurangaanya, prosesnya terbilang lama, mungkin sekitar satu - dua bulan baru ketahuan apakah tulisan kita lolos atau tidak, dan kita harus memeriksa sendiri. Tidak ada konfirmasi dari pihak basabasi jika karya kita tidak lolos.

9. Facebook

Popularitas jejaring sosial ini terbilang cukup awet di Indonesia. Mulai populer sekitar tahun 2010 hingga sekarangpun tetap eksis dan disukai. Menulis di Facebook melalui menu catatan/notes sangatlah gampang. Kelebihannya ada pada kemudahan berbagi. Sedangkan kekurangannya, kamu tidak bisa berkreasi dengan format tulisan yang kamu sukai.

10. Idntimes comunity

Idntimes adalah situs berita dan entertainment yang masuk dalam 19 besar situs populer di Indonesia versi Alexa. Tahun 2017 lalu, idntimes membuka kesempatan bagi Pelanggan nya untuk mempublikasikan karya mereka melalui sub domain www.community.idntimes.com

Menulis disini dibayar loh, tapi tidak seperti basabasi yang mendapat honor per artikel. Di idntimes kamu dibayar berdasarkan seberapa sering tulisan kamu dibaca oleh pengguna. Kelebihan nya, tulisan kamu bisa dijadikan investasi. Kekurangan nya, idntimes community masih tergolong baru, jadi masih akan ada kemungkinan perubahan dari sisi kebijakan nya.

11. Brilio Creator

Melalu sub domain creator.brilio.net brilio yang merupakan situs Indonesia 26 besar terpopuler versi Alexa mengajak netizen jurnalis untuk menghasilkan uang melalui karya tulis. Ya walaupun uangnya tidak seberapa tapi kalau rajin nulis tetap aja lumayan. Kelebihan menulis di brilio, tulisan tidak perlu dibahas terlalu mendalam, yang penting kekinian. Kekurangan nya, harga untuk satu artikel masih dibawah 100 ribu rupiah.

Nah itulah 11 situs yang bisa teman-teman coba jika sudah memiliki keinginan untuk menulis. Jangan ditunda, kata orang kesempatan tidak datang dua kali loh.

OOT
Sejauh ini yang pernah saya coba adalah blogger, wordpress, dan Kaskus. Ketiganya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, jadi semua tetap layak dicoba. Begitu juga dengan situs lainnya.

Setelah membaca jangan lupa komentar ya teman-teman setiap alamat blog yang masuk ke dalam kolom komentar akan saya simpan di halaman khusus. Terima kasih, bye...







adsense 336x280

0 Response to "11 Wadah Tempat Menulis Artikel Blog Terbaik di Internet Beserta Kelebihan dan Kekurangannya Versi Blogger"

Posting Komentar