11 Usaha Menjanjikan Penghasilan Jutaan Berawal dari Sampingan

adsense 336x280 Salah satu keuntungan yang kita dapat dari perkembangan atau kemajuan teknologi informasi adalah terbukanya kesempatan bagi siapa saja untuk sukses dengan cara dan kemampuan yang ia miliki. Dulu tulisan apapun jenis hanya bisa dipublikasikan lewat majalah, koran dan buku. Dan hanya sedikit sekali orang yang bisa menulis di media tersebut. Sedangkan kita hanya bisa menikmati.


Nah sekarang ini siapa saja, termasuk saya dan pembaca bisa menyalurkan hobi menulis nya lewat blog, forum, medsos, dll. Dan bahkan bisa dijadikan usaha sampingan asalkan sabar dan mau belajar. Selengkapnya silahkan baca inilah 11 usaha menjanjikan penghasilan jutaan yang berawal dari sampingan. Selamat membaca.

1. Selebgram

Apa sih selebgram itu ? Selebgram teman-teman, adalah orang yang memiliki follower banyak di Instagram. Bukan hanya terbatas pada artis  dan selebritis saja, orang biasa pun bisa jadi selebgram asal punya Follower banyak dan asli bukan follower boleh beli. Bukan main punya Follower banyak di Instagram, kita bisa kaya mendadak. Banyak toko online yang menawarkan untuk jadi endorser produk mereka. Atau kamu juga bisa jual produk sendiri, pasti laku. 

Tapi menjadi selebgram itu bukan semudah yang kamu kira ya. Selain faktor lucky dan talent, kita juga harus berusaha meningkatkan kualitas diri dan pribadi kita. Ya namanya juga mau jadi seleb gimana si.

2. YouTuber

Ada banyak hal yang bisa dijadikan konten video, tuturial memasak misalnya, jalan-jalan, nyanyi, cara merawat hewan / tanaman, story telling, dan masih banyak lagi. Dan yang saya sebut terakhir itu prospek nya sangat besar menurut saya. Karena saya pernah cari video story telling bahasa indonesia di YouTube tuh masih sangat langka. Teman-teman yang suka dengerin story telling boleh cek sendiri.  Bukan main punya subscriber ratusan ribu atau jutaan di YouTube. Kita bisa punya gaji double, satu dari perusahaan tempat kita bekerja, satu lagi dari google adsense. Kita juga bisa bikin video iklan produk kita sendiri loh di YouTube.

3. Gamer

Jaman dulu main game itu cuma buang-buang waktu, kata orang tua. Tapi sekarang, main game bisa bikin kita kaya loh. Buat kamu yang hobi main game bisa bikin video tutorial tips agar selalu menang main game MOBA misalnya. Kamu juga bisa upload game pertandingan kamu. Jika subscriber kamu sudah banyak kamu bisa dapat gaji bulanan dari google loh. Jika kamu jago banget main gamenya kamu punya kesempatan jadi atlet e-sport. Tahun 2018 ini e-sport sudah masuk dalam cabang olah raga Asian Games Jakarta-Palembang, mantap kan !

4. Blogger

Ini khusus buat kamu yang hobi menulis. Untuk yang hobi posting foto dan video lebih baik ke instagram dan YouTube aja, jadi sudah ada penyalurannya masing-masing ya. Meskipun blogger sekarang kalah pamor dari YouTuber dan Selebgram tapi jangan salah, blogger memiliki kekuatan yang tak pernah berubah dari dulu hingga sekarang apakah itu ? Kekuatan seorang blogger ada di tulisan dan orang besar merubah dunia dengan tulisannya. Jika kamu seorang blogger kamu punya kesempatan menjadi orang besar dan merubah Dunia sesuai dengan keinginan mu.

5. Digital Freelancer 

Buat kamu yang punya keterampilan di bidang teknologi informasi dan ada banyak sekali keahlian di bidang ini wordpress developer misalnya, logo expert, macro programmer, dll. Kamu bisa buktiin asah keterampilan kamu lewat beberapa situs yang mempertemukan orang yang butuh bantuan dan Freelancer sebagai tenaga atau orang yang memberikan jasa sesuai keahliannya. Bukan main jika kamu punya keahlian di bidang ini, kamu bisa punya penghasilan dollar. Kamu tidak lagi harus menimenu gaji setiap bulan, tapi perproject. Dan projects itu tergantung besar kecilnya, ada yang selesai 1 hari, 2 hari, seminggu, tiga Minggu, dan seterusnya. Semakin besar projects nya berbanding lurus dengan penghasilan nya.

6. Offline Freelancer

Jika kamu tidak minat di perangkat lunak tapi kamu punya keterampilan di perangkat keras, memperbaiki laptop, televisi, ac, dsb itu berarti kamu tetap berpeluang jadi Freelancer. Jika kamu rajin, hasil tetap tidak bisa dianggap remeh. Ambil contoh jika kamu memperbaiki cpu rusak, ongkos servisnya berkisar antara 50 - 150 ribu belum nanti ada yang perlu diganti, kamu bisa ambil komisi juga dari situ.

7. Agen Properti

Sebenarnya sederhana saja menjadi agen properti itu, cukup tawarkan rumah yang mau dijual ke tetangga, teman, saudara, atau sebarkan iklan properti. Jika ada yang berminat, pertemukan dengan si pemilik. Jika deal dan uangnya cair baru minta komisi. Cuma prosesnya memang tidak sesederhana itu, selain karena properti bukan produk yang saban hari laku kayak sabun colek. Konsumen properti juga tidak sama seperti konsumen sabun colek, pegang, empuk, bayar, bawa pulang. Konsumen properti tidak sesimpel itu, mereka perlu di yakinkan pada beberapa faktor terutama keuntungan jika membeli properti yang kita tawarkan, keamanan, dan pelayanan sepanjang proses jual beli sampai surat properti tersebut balik nama.

8. Agen Otomotif

Pada dasarnya agen properti dan agen Otomotif itu sama, komisinya pun sama yaitu berkisar antara 5-10 persen. Yang membedakan adalah produknya, nah karena produknya berbeda cara memasarkannya terutama ilmu yang harus kita kuasai pun juga berbeda. Seorang agen properti sedikit banyak dituntut memiliki pengetahuan dibidang pertanahan, bangunan, hukum, dan dunia percaloan tanah. Kalau agen Otomotif dia harus tahu tentang mesin, cara berkendara, hukum, dan dunia makelar mobil atau motor. Menjadi agen properti dan otomotif juga memiliki kesamaan yaitu, sama-sama harus berkepribadian menyenangkan, pandai bergaul, dan punya koneksi yang luas.

9. Fotografer

Kita tahu sejak berkembangnya dunia digital bisnis jasa foto konvensional atau yang sering orang sebut foto studio telah mengalami kebangkrutan. Teman-teman disini ada yang masih ingat dengan roll film? Itu kan setelah kit gunakan pasti kita bawa ke foto studio kan. Nah itulah bisnis foto studio menggiurkan yang sempat jaya pada masanya. Pada jaman saya dulu satu roll film merk Fuji film itu harganya sekitar 24 ribu. Jika sudah dipakai lalu dibawa ke studio foto atau toko fotocopy, biaya cetaknya sekitar 33ribu untuk kualitas tidak perlu diragukan karena roll film kita itu biasanya dibawa oleh sales ke mesin lab di kota terdekat.

Di era digital ini cetak mencetak foto model begitu sudah ditinggalkan. Akibatnya bisnis studio foto akhirnya mengalami apa yang dirasakan oleh bisnis telekomunikasi di jaman wartel. Walaupun tidak seratus persen mati seperti wartel. Matinya bisnis studio foto otomatis diikuti juga oleh matinya bisnis fotografi walaupun sekali lagi tidak mati seratus persen. Kamu yang hobi fotografi tidak perlu berkecil hati. Karena bila seandainya profesi kamu sebagai fotografer konvensional sudah tidak ranum lagi, kamu bisa masuk ke dunia digital. Ya, kamu bisa menjual hasil jepretan kamu di digital marketplace. Penghasilan nya tentu sangat bisa diharapkan.

10. Agen Baju

Pada poin 7 dan 8 kita sudah membahas soal agen. Sekarang kita akan membahas satu agen lagi, agen baju. Sebenarnya semua produk bisa kita agenin selama itu produk halal. Tapi agen baju ini istimewa karena dulu nabi kita kerjaan nya ya ini selain menggembala kambing. Datangi toko baju terus jelaskan niat kamu untuk menjual produk mereka ke pasar. Atau door to door juga boleh sebelum kamu dapat lapak di pasar, sekalian tawarin ke teman medsos. Siapa tahu jika dagangan kamu laris, kamu dilamar sama pemilik toko baju.

11. Kerjasama

Jika kamu tidak punya waktu melakukan itu semua, karena sering lembur atau alasan lain nya. Tapi kamu punya modal, kamu bisa ajak saudara, tetangga, teman yang bisa dipercaya untuk bekerjasama membangun sebuah usaha. Besar kecil usaha itu relatif lah, yang penting kamu dan partner kamu punya visi misi yang sama, mensejahterakan ekonomi keluarga misalnya, juga saling percaya.

Tetapi berdasarkan pengalaman saya, bekerja sama dalam bisnis sering menyebabkan kesalahpahaman. Kata orang duit itu tidak punya saudara memang begitu lah adanya. Jadi perlu diantisipasi sejak awal. Dua pihak harus jelas hak dan kewajibannya, dan alangkah baiknya jika dibuat MOU, surat perjanjian, dan semacamnya.

Nah itulah 11 usaha terbaik penghasilan jutaan yang berawal dari sampingan. Mungkin teman-teman punya pengalaman usaha lain, share ke kita dong. Any way semoga bermanfaat ya.

OOT
Pengalaman saya di usaha sampingan adalah MLM, ada yang tahu CNI ? Saya pernah ikutan jual kopi ginseng. Pernah juga sih jual baju dipasaran hasilnya lumayan, cuma nyari lapak agan susah dan harus kuat panas-panasan.

Setelah membaca jangan lupa komentar ya teman-teman setiap alamat blog yang masuk ke dalam kolom komentar akan saya simpan di halaman khusus. Terima kasih bye....

adsense 336x280

0 Response to "11 Usaha Menjanjikan Penghasilan Jutaan Berawal dari Sampingan"

Posting Komentar