11 Fakta Menarik Biografi Calon Wakil Presiden Sandiaga Salahuddin Uno

adsense 336x280 Berwajah ganteng, tubuh atletis, dan sukses, tiga kriteria yang sangat diidamkan oleh semua wanita di atas bumi ini. Tapi mantan wakil gubernur DKI Jakarta ini adalah pria yang lurus, tidak ada berita miring soal perselingkuhan mengarah kepadanya. Hubungan keluarga terutama rumah tangga nya cukup aman sejauh yang saya telusuri di media. Beliau hanya menyangkan kegiatan nya yang terlalu sibuk di perusahaan dan organisasi membuat waktunya bersama keluarga sangat, sangat terbatas.

Sandiaga Uno
Sumber: wikipedia

Sebagai calon wakil presiden republik Indonesia periode 2019 - 2024 tentu saya dan pembaca yang terhormat penasaran dengan sosok pecinta olahraga ini. Kalau begitu mari sama-sama kita simak inilah 11 Fakta Menarik Biografi Calon Wakil Presiden Sandiaga Uno. Selamat membaca.

1. Gelar Sarjana

Setelah lulus dari SMA Katolik Sandiaga Uno melanjutkan pendidikan ke wichita state university dan tahun 1990 lulus dengan predikat Summa cumlaude dan menyandang gelar BBA, Bachelor of Business Administration. Sarjana administrasi bisnis. Sarjana yang lulus dengan gelar ini bisa bekerja di perusahaan keuangan, administrasi publik nasional, peneliti, guru, konsultan pajak, administrasi dan keuangan, e-commerce, manajemen internasional, mendirikan usaha sendiri dan masih banyak lagi. Sandiaga Uno memilih bekerja sebagai pegawai bank Summa.

Setahun berlalu, bermodal beasiswa, sandiaga Salahudin Uno meneruskan kuliah di George Washington university dan lulus tahun 1994 dengan IPK 4.0 dan menyandang gelar MBA. Sebuah prestasi akademik yang sangat membanggakan untuk anak berdarah Gorontalo.

2. Riwayat Pendidikan

Sandiaga Uno sekolah di PSKD, Perkumpulan Sekolah Kristen Djakarta. Bulungan. Lulus dari sana beliau melanjutkan pendidikan SMP Negeri 12 Jakarta yang ada di Jalan Wijaya Kebayoran Baru. Kemudian beliau menempuh pendidikan di SMA Pangudi Luhur Jakarta Selatan, Sekolah Menengah Atas Katolik khusus pria.

3. Keluarga

Sandiaga Salahuddin Uno lahir di Rumbai, Pekan Baru, 28 Juni 1969. Anak kedua dari dua bersaudara. Abang nya Indra Cahya Uno  lahir sekitar tahun 1967. Ibunya Mien Rachman Uno lahir di Indramayu 23 Mei 1941. Dan sang ayah Razif Halik Uno lahir sekitar tahun 1936.

4. Rumah Tangga

Sandi menikah di Singapura tanggal 28 Juli tahun 1996 dengan gadis Betawi bernama Nur Asiah. Usia sang istri 2 tahun lebih muda sekitar 47 tahun. Mereka dikaruniai tiga anak, Anneesha Atheera Uno usia 21 tahun sedang kuliah di Boston. Amyra Atheefa Uno baru lulus dari Jakarta Internasional School 21 Mei 2017 lalu dan sekarang kuliah di New York. Sulaiman Saladin Uno lahir tahun 2011 lalu.

5. KDRT Masa Kecil

Sosok ibu Mien Rachman Uno sangat keras dalam mendidik kedua anaknya. Indra dan Sandi harus membuat jadwal keseharian dan harus disiplin mengikuti jadwal tersebut. Jika tidak mematuhi jadwal hukumannya adalah cambuk gesper mencium bokong, aww! Namun kdrt yang dialami sandi di masa kecil sangat menguntungkannya menjalani kehidupan sebagai mahasiswa di Amerika.

6. Kisah Asmara

Perjodohan nya dengan istri tercinta bukanlah sebuah kebetulan. Sandi dan Nur sudah saling mengenal sejak masih SMP. Karena Sandi adalah teman kakak Nur dan sering main kerumahnya dan melihat Nur disana, lama-lama jatuh hati. Dimasa SMA mereka pacaran sering mengalami putus dan baikan lagi. Sahabat Sandi, Rosan Roeslani sering berinisiatif mencarikan pacar baru buat Sandi tapi selalu gagal. Akhirnya Rosan memutuskan kan, memperbaiki hubungan Sandi dan Nur.

Setelah kuliah di Amerika Sandi dan Nur menjalani hubungan jarak jauh. Tak tahan jauh-jauhan Nur Asia memilih kuliah di Oklahoma, jaraknya sekitar 2 jam dari wichita State university. Sandi sering main ke Oklahoma menemui Nur. 13 tahun menjalani hubungan, dan berakhir dengan pernikahan, happy ending. Bagi Sandi, Nur adalah cinta pertama dan terakhirnya.

Bagi Nur, Sandi adalah sosok yang pintar dan Nur mengakui dia hanya cocok dengan pria yang pintar. Waktu pacaran dulu, jika Sandi datang berkunjung kerumahnya dan Nur suka ketiduran, Sandi akan sabar menunggu hingga Nur bangun. Semasa pacaran dua sejoli ini biasa dengan panggilan sayang. Setelah menikah atas permintaan Sandi, panggilan sayangnya berubah jadi Abang dan Non.

7. Karir sebagai Karyawan

Setelah lulus  dan menyandang gelar BBA, Sandiaga Salahuddin Uno BBA bekerja sebagai pegawai bank Summa milik William Soeryadjaya. Lepas satu tahun bekerja bank Summa memberikan beasiswa S-2 di Washington DC  kepada Sandi. Disana beliau bergabung dalam organisasi PERMIAS. Kemudian Sandi bekerja sebagai Manajer Investasi di Singapura untuk dua perusahaan yaitu Investment Limited tahun 1993 dan MP Holding Limited Group tahun 1994.

Setelah itu dia mengambil karir sebagai Executive Vice President di NTI Resource Ltd Kanada dengan gaji 8 ribu Dolar. Dan tahun 1997 dia di PHK dari perusahaan tersebut.

8. Karir Sebagai Pengusaha

Pulang dari Kanada numpang di rumah orang tua, gaji ribuan dolar hilang entah kemana. Lamar sana-sini tak ada yang mau menerima. Mendirikan perusahaan sendiri jua akhirnya. Bersama Rosan Roeslani sahabat Lama, membangun PT. Recapital di bidang jasa. Jasa konsultasi Keuangan lebih tepatnya. Jawa Pos adalah klien mereka yang pertama. Klien pertama didapat setelah menunggu enam bulan lamanya. Sandi juga ikut di perusahaan private equity bernama PT. Saratoga.

9. Karir Organisasi

Sebagai pengusaha yang cukup sukses, meskipun karirnya sebagai pengusaha lantaran di PHK dan menganggur sebab tidak ada perusahaan yang mau menerima. Sandiaga Uno, tahun 1999 dipercaya memimpin organisasi HIPMI Jaya,  Himpunan Pengusaha muda Indonesia. Tahun 2005 sebagai Ketua HIPMI pusat. Selanjutnya HIPMI Gorontalo dan KADIN, Ketua Kamar Dagang dan Industri.

10. Hobi Berolahraga

Jangan heran kalau tubuh calon wakil presiden ini cukup atletis, itu karena beliau hobi olahraga, basket, renang, lari, dan sebagainya. Tanggal 7 Nopember 2011 bertepatan dengan hari raya Idul Adha Dubes RI untuk Amerika Dino Patti Djalal sholat Idul Adha sambil lari maraton bersama Sandiaga Uno dan 20 orang KBRI lainnya. Sandiaga Uno bersama puluhan pemilik perusahaan yang hobi berlari juga membuat sebuah komunitas bernama berlariuntukberbagi dan sudah berafiliasi lebih dari 50 yayasan sosial. Tahun 2012 bepe dan tiga lainnya ikut bawa obor olimpiade 2012 mereka adalah Bambang Pamungkas, Sandiaga Uno, Wanda Hamidah, dan Ika Trifisusanti mahasiswi Universitas Bung Karno.

11. Karir Politik

Sejak tahun 2012 atau mungkin sebelumnya Prabowo sudah mengendus potensi, karisma Sandi dan membujuk untuk bergabung di dalam partai Gerindra. Baru pada tahun 2015 Sandiaga resmi mengawali karir politiknya sebagai wakil ketua dewan pembina partai Gerindra. Tahun 2017 nama Sandiaga bukan lagi sebatas milik pengusaha muda tetapi milik warga Jakarta. Tahun 2018 akhir nama Sandiaga Salahuddin Uno kini sudah menjamur keseluruh Indonesia, sejak beliau resmi sebagai calon wakil presiden.

Nah itulah 11 Fakta menarik biografi seorang pengusaha sukses Bapak Haji SanduSan Salahuddin Uno B.B.A, M.B.A. Semoga bisa menjadi inspirasi bagi kita semua.

OOT
Sebenarnya ada satu yang menjadi pertanyaan saya, kenapa Sandiaga Uno di sekolahkan ke sekolah Kristen sedangkan orang tuanya adalah muslim, ada yang bisa jawab ?

Setelah membaca jangan lupa komentar ya teman-teman setiap alamat blog yang masuk ke dalam kolom komentar akan saya simpan di halaman khusus. Terima kasih bye
..

adsense 336x280

0 Response to "11 Fakta Menarik Biografi Calon Wakil Presiden Sandiaga Salahuddin Uno"

Posting Komentar