11 Fakta Menarik Biografi Calon Wakil Presiden Ma'ruf Amin Versi Blogger

adsense 336x280 Setelah resmi sebagai calon wakil presiden 2019 - 2023 Mantan Ketua MUI Ma'ruf Amin kini ramai jadi perhatian publik. Tidak terkecuali penulis blog ini yang memang tingkat keponya diatas rata-rata hehe.

source: detikNews

Setelah membaca beberapa artikel mengenai biografi Ma'ruf Amin yang menjabat dewan pertimbangan presiden masa presiden SBY tersebut, saya mendapat kan beberapa fakta menarik diantaranya :

1. Lahir Sebelum Indonesia Merdeka

Ma'ruf Amin lahir tanggal 11 Maret 1943 artinya dua tahun lima bulan 6 hari sebelum Indonesia memproklamirkan kemerdekaan. Beliau masih sempat mengenyam sekolah rakyat atau disingkat SR.

2. Mengenyam Pendidikan Islam Sejak Dini

Ma'ruf Amin mengenyam pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Kresek, Tangerang. Kemudian melanjutkan pendidikan di Madrasah Tsanawiyah hingga Madrasah Aliyah Tebu Ireng, Jombang, Jawa Timur. Lalu kuliah di Universitas Ibnu Khaldun, Bogor, Fakultas Ushuluddin.

3. Putra Ulama Besar dan Cicit imam Makkah

Ma'ruf Amin adalah anak dari KH. Muhammad Amin, salah satu ulama besar di Tangerang, Banten. Beliau juga merupakan keturunan dari Syaikh Nawawi al-Bantani yang merupakan imam Makkah.

4. Berprofesi Sebagai Guru dan Pendakwah

Setelah lulus dari pesantren Tebu Ireng Jombang, Ma'ruf Amin berprofesi sebagai guru sekolah dan berdakwah sambil melanjutkan kuliah.

5. Sempat Populer Dalam Kasus Penistaan Agama Tersangka, Ahok.

Akhir tahun 2016 ketua Majelis Ulama Indonesia Ma'ruf Amin menerbitkan fatwa penistaan agama yang menyeret mantan gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja purnama alias Ahok ke penjara.

6. Aktif di MUI Sejak 1990

Kiprah Ma'ruf Amin di MUI sudah sangat lama. Beliau baru mendapatkan posisi strategis di lembaga ummat Islam tersebut tahun 2001. Kemudian tahun 2015 beliau resmi menjadi ketua MUI menggantikan Din Syamsuddin.

7. Karir Politiknya Mencapai 50 Tahun

Ma'ruf Amin sudah memulai karir politiknya sejak tahun 1971 sebagai anggota legislatif era presiden Soeharto. Menjadi anggota DPR RI tahun 1973, menjadi anggota MPR RI 1977. Anggota DPR RI 1998,.... dan sekarang masih menjabat ketua MUI.

8. Tidak ada Background Pengusaha

Dari ke-empat calon Presiden dan wakil presiden hanya Ma'ruf Amin yang tidak memiliki latar belakang pengusaha. Jokowi adalah pengusaha Kayu, Prabowo pengusaha kertas, dan Sandiaga adalah pengusaha di bidang Jasa Keuangan.

9. Menjabat Sebagai Dewan Pengawas Syariah

Meski tidak berlatar belakang pengusaha, Ma'ruf Amin memiliki keunggulan disisi lain. Beliau memiliki pengetahuan mumpuni dibidang ekonomi Syariah. Oleh karenanya beliau saat ini menjabat sebagai DPS untuk empat Bank Syariah ternama, Bank Syariah Mandiri, Bank BNI Syariah, Bank Muamalat, dan Bank Niaga Syariah.

10. Anugrah Doktor Kehormatan dari Universitas Syarif Hidayatullah

Tahun 2012, Ma'ruf Amin dianugerahi Gelar Doktor Kehormatan atau Doctors Honoris Causa oleh UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Selatan. Gelar tersebut diberikan karena jasa beliau atas kemajuan ekonomi syariah di Indonesia.

11. Pernah Tersentuh Isu Investasi Bodong

Akhir 2014 PT Golden Trader Indonesia Syariah terseret kasus investasi bodong. Dua petinggi MUI diduga terlibat, salah satunya wakil ketua MUI Ma'ruf Amin. Dalam pembelaannya Ma'ruf Amin mengatakan, saya tidak kasih izin. Saya hanya memberi pernyataan bahwa PT GTIS beroperasi sesuai syariah. MUI tidak punya wewenang untuk mengeluarkan izin, kami hanya mengatakan kegiatan mereka sesuai prinsip syariah.

Nah itulah 11 fakta menarik biografi  calon wakil presiden RI 2019 mendampingi calon presiden Jokowi. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita ya teman-teman.

OOT
Jika tujuan Jokowi menggandeng Ma'ruf Amin bukan kepentingan politik, melainkan untuk kemaslahatan umat maka, akan menjadi signal positif bagi kemajuan ekonomi Syariah di Indonesia, demikian ungkap Ustadz Yusuf Mansur.

Setelah membaca jangan lupa komentar ya teman-teman setiap alamat blog yang masuk ke dalam kolom komentar akan saya simpan di halaman khusus. Terima kasih bye, adsense 336x280

0 Response to "11 Fakta Menarik Biografi Calon Wakil Presiden Ma'ruf Amin Versi Blogger"

Posting Komentar