11 Fakta Menarik Biografi Ustadz Abdul Somad Plus Foto Masa Muda Remaja

adsense 336x280 Berpengetahuan luas, humoris, disukai banyak kalangan, itulah sosok Ustadz Abdul Somad Batu Bara, penceramah yang selalu dinanti kehadirannya. Selain ini, beliau juga dikenal sebagai sosok yang sederhana, baik sikap maupun penampilan. Jangan lupa berkunjung ke blog beliau ya Somad morocco

UAS muda pakai kemeja dan dasi

Ceramah nya selalu enak didengar dan disimak karena nada dan ilmunya. Bahasa tulisnya indah, benar-benar mencerminkan sosok manusia yang mulia. Sebagai manusia biasa, Ustadz Abdul Somad juga sering mengalami perselisihan, penolakan, hinaan, bahkan fitnah. Tapi saya tidak akan membahas lebih jauh soal itu, karena di artikel ini kita akan membahas tentang 11 fakta menarik biografi Ustadz Abdul Somad Plus Foto Masa Muda Remaja. Langsung saja, ini dia:

1. Ustadz Abdul Somad Lahir di Sumatera Utara

Kefasihannya berbahasa Melayu dan minang, seakan menyembunyikan asal-usul sang ustadz yang ternyata berdarah Batak. Hal itu terlihat jelas dari marga di belakang namanya, batu bara. Ustadz Abdul Somad Lahir tanggal 18 Mei 1977 atau tanggal 30 Jumadil Awal 1314 H di Silo Lama, Asahan, Sumatera Utara.

2. Sejak kecil, Ustadz Abdul Somad Sudah Dididik Secara Islami

Tahun 1983 Ustadz Abdul Somad masuk Sekolah Dasar Al-Washliyah di Medan Sumatera Utara. Tahun 1990 Ustadz Abdul Somad masuk sekolah MTS Mu'allimin Al-Washliyah. Beliau juga aempat mengenyam pendidikan di pesantren Darul Arafah, Deli Serdang, selama satu tahun. Kemudian ustadz Abdul Somad pindah ke Riau dan melanjutkan pendidikan di Madrasah Aliyah Nurul Fatah, Air Molek, Indra Giri Hulu, Riau.

3. Ustadz Abdul Somad Mendapat Beasiswa dari Universitas Al-Azhar Kairo, Mesir.

Tahun 1996, setelah lulus Aliyah, Ustadz Abdul Somad masuk perguruan tinggi UIN SUSKA Riau. Namun dua tahun kemudian beliau mendapat beasiswa dari universitas Al-Azhar Mesir. Teman-teman yang pernah nonton film ayat-ayat cinta pasti tahu universitas ini. Tiga tahun sepuluh bulan, Ustadz Abdul Somad lulus dan berhak mendapatkan gelar .Lc singkatan dari License.

4. Ustadz Abdul Somad Kembali Meraih Beasiswa dari Kerajaan Maroko di Dar Al-Hadist Al-Hassania Institute

Tahun 2004, kerajaan Maroko memberikan 20 beasiswa kepada 15 warga Maroko dan 5 warga asing. Beasiswa ini diberikan setiap tahun untuk menempuh pendidikan S2/Master di Dar Al-Hadist Al-Hassania Institute. Ustadz Abdul Somad adalah salah satu dari lima orang asing yang meraih beasiswa itu. Satu tahun sebelah bulan kemudian beliau lulus dan berhak meraih gelar Diplome d'Etudes Superieurs Approfondies atau disingkat D.E.S.A

5. Abdul Somad Tidak Memiliki Tampang Ustadz / Penceramah


Foto Abdul Somad muda dan teman

Tahun 2009 Abdul Somad pulang ke Riau, beliau di undang untuk mengisi tausiah bulan Ramadhan sebelum sholat Tarawih. Kata Abdul Somad, ia sudah duduk di Masjid sebelum datang waktu Isya. Tapi karena penampilan beliau yang sangat biasa polos dan mungkin masih malu-malu karena sudah lama tidak pulang kampung, ditambah lagi sosok Abdul Somad yang tidak memiliki tampang penceramah maka, tidak ada jama'ah yang mengenal. Bahkan pengurus mesjid yang mengundang pun tak kenal, padahal mungkin dia sudah menunggu dari tadi.

Akhirnya menjelang waktu Isya, pengurus mesjid memegang mikrofon dan mengumumkan, para jamaah sekalian malam ini kita akan kedatangan Ustadz Abdul Somad lulusan Mesir dan Maroko, tapi karena beliau tidak hadir, setelah sholat isya kita langsung sholat tarawih saya.

Kata Abdul Somad, padahal saya dah duduk disitu. Jadi dulu saya musti memperkenalkan diri, karena kalau melihat bentuk saya, banyak orang ragu, betul nggak kamu ini ustadz ?

6. Karir Ustadz Abdul Somad sebagai Dosen dan Penceramah

Semenjak pulang ke Riau ustadz Abdul Somad langsung beraksi, sesuai motto hidupnya Hidup ini singkat, mati hanya sekali, buatlah berarti. Beliau langsung mengabdi di UIN Sultan Syarif Kasim Riau sebagai dosen Bahasa Arab. Beliau juga mengajar Tafsir dan Hadits di Kelas Internasional fakultas Ushuluddin UIN SUSKA Riau. Ustadz Abdul Somad juga menjabat sebagai dosen Agama Islam di STAI Al-Azhar Yayasan Masmur Pekanbaru, Riau.

Selain di pendidikan, beliau juga aktif sebagai anggota MUI Riau. Anggota BAZ Riau. Juga menjabat, Sekretaris Bahsul Masa'il NU Riau.

7. Ustadz Abdul Somad Aktif Menulis Buku dan Penerjemah

Ilmu yang ia raih dari kecil hingga meraih pendidikan master di Maroko benar-benar ia sumbangkan sepenuhnya demi kemaslahatan umat. Selain menjadi dosen, penceramah, anggota MUI dan BAZ, beliau juga aktif menulis buku dan menerjemahkan buku-buku dari Timur Tengah.

Beberapa buku tersebut diantaranya: Beberapa Kekeliruan Memahami Pernikahan - Penerbit Pustaka Progresif, Jakarta. Indahnya Seks Setelah Menikah - Penerbit Pustaka Progresif, Jakarta. 15 Sebab Dicabutnya Berkah - Penerbit Cendekia Sentra Muslim, Jakarta. 30 Orang Dijamin Masuk Surga - Penerbit Cendekia Sentra Muslim, Jakarta. 101 Kisah Orang-orang yang Dikabulkan Do'anya - Penerbit Pustaka Azzam, Jakarta. 55 Nasehat Perkawinan Untuk Perempuan - Penerbit Cendekia Sentra Muslim, Jakarta. Perbuatan Maksiat Penyebab Kerusakan Rumah Tangga - Penerbit Pustaka Al-Kautsar, Jakarta. Sejarah Agama Yahudi - Penerbit Pustaka Al-Kautsar, Jakarta.

8. Ustadz Abdul Somad adalah Keturunan Tuan Syeikh Abdurrahman Silau Laut


Abdul Somad keturunan ulama besar tuan Abdurrahman Silau Laut
Foto Abdul Somad dan buyutnya tuan Syeikh Muhammad Ali Silau Laut bin Tuan Syeikh Abdurrahman Silau Laut

Dikampung saya ada sebuah budaya yaitu apabila ada seorang anak yang terkenal karena nakal maka orang akan sibuk bertanya, itu anak sebenarnya anak siapa sih ? Secara tak sadar warga kampung saya ternyata sejak dulu sudah menganut paham, buah jatuh tak jauh dari pohonnya.

Demikian halnya dengan orang baik. Ketika ia mulai menunjukkan tanda-tanda kemuliaan nya maka orang-orang akan sibuk mengusut keturunan nya. Ustadz Abdul Somad ternyata masih keturunan ulama besar yang pernah belajar agama ke tanah suci Mekkah, Syeikh Abdurrahman. Menurut penuturan beliau, Tuan Syeikh Abdurrahman Silau Laut mempunyai putri bernama Siti Aminah. Siti Aminah mempunyai putri bernama Rohana. Hajjah Rohana mempunyai putra bernama Abdul Somad Batu Bara.

9. Ikan Asin adalah makanan kesukaan Abdul Somad kecil

Ketika ditanya apa yang paling diingat dari Abdul Somad kecil, sang ibu menjawab : Bungkus-bungkus kue, obat nyamuk, dan lainnya pokoknya yang ada tulisan arabnya ia simpan. Katanya, ini irotojim, tidak boleh diinjak, berdosa. Kalau abdul Somad kecil melihat semut, atau binatang kecil, dia bilang, jangan dibunuh, dia mau makan. Sang ibu tak lupa mengatakan, makanan kesukaan Abdul Somad kecil adalah ikan asin.

10. UAS muda Pernah Bertemu Dr. Hidayat Nur Wahid di Maroko

Atas foto tahun 2006 di Rabat, bawah bertemu kembali setelah 12 tahun

Tahun 2006 Abdul Somad menghadiri seminar internasional persatuan pelajar Indonesia se Timur Tengah dan Eropa di Rabat, Maroko. Dr. Hidayat Nur Wahid lulusan Universitas Islam Madinah adalah salah satu pembicara dalam seminar tersebut. Disanalah mereka bertemu dan foto bersama. Difoto itu Ustadz Somad terlihat masih sangat muda. Beliau mengatakan, Dr. Hidayat Nur Wahid adalah tokoh inspirator nya.

11. Kesaksian Seorang Murid sekaligus sahabat : Ustadz Abdul Somad Ulama Pejuang yang Tawadu


UAS ustadz Abdul Somad berfoto dengan sahabat
Foto kiri Abdul Somad

Berdasarkan pengakuan sahabat selama menempuh pendidikan di Mesir, Ustadz Abdul Somad dikenal sebagai sosok yang Tawadu, ramah, luas ilmunya, dan mempunyai bakat melucu yang susah ditebak seperti yang dituturkan oleh Dr. Muhammad Afifuddin Dimyathi Lc. MA, teman UAS di Kairo Mesir. Muhammadun Azzam, murid sekaligus sahabat UAS mengungkapkan, UAS adalah Sosok yang Tawadhu, disiplin dan pendiam sangat berbeda ketika beliau sedang berdakwah.

Dr. Miftah El Banjari mengenal sosok UAS sebagai ulama yang sangat luas ilmunya. Ustadz Abdul Somad juga sering mengislamkan orang, salah satunya adalah Hamzah yang mengaku berasal dari kepulauan Meranti dan dikirim oleh UAS ke pesantren Al-Abqory, Banten.

Demikian lah 11 fakta menarik biografi Ustadz Abdul Somad Plus foto Muda Remaja. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita ya.

OOT
Ngomong-ngomong soal Asahan. Dulu waktu kecil ada tetangga yang mau jual rumah kepada kami katanya, mereka mau pindah ke Asahan, Sumatera Utara. Orang tua saya lalu membeli rumah itu dan, rumah kami dijual ke tetangga yang lain

Setelah membaca jangan lupa komentar ya teman-teman setiap alamat blog yang masuk ke dalam kolom komentar akan saya simpan di halaman khusus. Terima kasih bye adsense 336x280

0 Response to "11 Fakta Menarik Biografi Ustadz Abdul Somad Plus Foto Masa Muda Remaja"

Posting Komentar